Mencocokan desain website dengan pengunjung

Seringkali dalam membuat desain website kita bingung untuk memulainya. Salah satu triknya adalah kita harus memikirkan terlebih dahulu target pengunjung yang mengakses situs kita. Kenapa harus dengan pengunjung? Ingat, pengunjung adalah nafas bagi website kita. Semakin banyak pengunjung yang mengakses maka semakin hidup situs kita. Lalu bagaimanakah kaitannya dengan desain website? Kita hendak membuat website tentang nuklir. Tentunya target kita adalah pengunjung yang tertarik tentang nuklir. Akan sangat lucu bila anda mendesain situs dengan gambar speaker besar di bagian header bukan?

Langkah awal yang harus dilakukan dengan mendefinisikan terlebih dahulu target pengunjung. Penentuan jenis pengunjung yang mengakses situs kita akan memberikan gambaran umum tentang desain website. Mari membuat suatu contoh kasus misalnya anda hendak membuat situs yang membahas tentang gitar. Maka kita harus melakukan analisis tentang pengunjung dari situs tentang gitar.

Kita mengetahui bahwa rata-rata kebanyakan gitaris adalah pria. Tentunya dalam mendesain website harus yang bersifat "jantan" atau kecowok-cowokan. Penggunaan warna-warna yang berani dapat mewakili sifat kuat dan tegas dari seorang cowok. Dengan lingkungan seperti ini tentunya pengunjung dibuat nyaman. Karena mengulas tentang gitar secara umum maka kita harus memperhitungkan aspek golongan gitaris. Banyak sekali tipe gitaris seperti rock, pop, klasik, blues, jazz dan lainnya. Maka website tersebut harus mampu mewakili selera semua golongan tersebut. Dengan desain website gitar yang universal bagi semua golongan maka nantinya pengunjung semakin nyaman dibuatnya. Berikut contoh website yang menggunakan aspek pengunjung sebagai dasar desain website dari guitarworld.com.

guitarworld.com
Contoh tampilan guitarworld
Dengan memperhatikan aspek pengunjung setidaknya kita tidak menjadi kebingungan memilih desain website yang menawan tapi tidak mampu menarik pengunjung yang sesui. Contoh referensi lain adalah apple.com. Pada situs apple ini dibuat desain yang elegan dan menawan. Kenapa? karena memang target pengunjungnya adalah orang yang menyukai machintosh serta keindahan tampilan.
mac book
Contoh tampilan website apple
Belajar dari situs-situs besar dapat menjadi referensi yang tepat dalam mendesain suatu website. Tentukan target pengunjung anda dan mulailah dalam mendesain.