Debian

 Debian


Debian http://www.debian.org/ adalah salah satu Distro Linux yang dikembangkan dan dikelola sepenuhnya oleh sukarelawan. Dipelopori oleh Ian Murdock dan secara resmi diumumkan pada 16 Agustus 1993. Pembuatan Debian disponsori oleh FSF selama satu tahun dari November 1994 sampai dengan November 1995. Distro ini berperan cukup vital dalam perkembangan FLOSS, karena telah mendefinisikan kontrak sosial http://www.debian.org/social_contract yang kemudian dipakai oleh komunitas FLOSS sebagai landasan dari definisi open source http://opensource.org/osd.html. Debian 1.1Buzz adalah rilis resmi pertama pada 17 Juni 1996. Nama Debian diambil dari Debra Murdock (istri) dan Ian Murdock. Logo Debian adalah "the swirl".

Debian adalah distro serba ada, yang saat ini memuat lebih dari 8000 package pada versi stable (Woody, 3.0r3 26 Oktober 2004), dan lebih dari 12000 pada versi unstable. Katakanlah Anda sedang tidak memiliki beban, dan ingin mencoba semua package pada Debian. Apabila Anda hanya punya waktu satu tahun, maka Anda perlu mencoba lebih dari 20 package setiap hari untuk bisa merasakan semua package pada Debian.

Salah satu fitur paling menarik pada Debian, yang kemudian diikuti oleh distro lain, adalah aplikasi untuk menjaga agar setiap package yang terinstall selalu up-to-date. apt adalah nama aplikasi tersebut.